Blogger Backgrounds

Rabu, 14 Desember 2011

Fokuskan Bisnis Pada Manajemen Stok

Stabilitas harga menjadi Faktor Kunci

Prduksi buah dan sayur tidak sepanjang tahun, sementara kebutuhan konsumsi harus di penuhi setiap saat. Keduac komuditas itu termasuk barang yang mudah rusak. Karena itu pemerintah harus Fokus dalam manajemen stok sebagai bagian strategi pasar.

Manajemen stok yang baik dengan cara membangun infrastuktur dalam bentuk gudang dan ruang pendingin, juga akan memudahkan petani mengakses pasar dan sekaligus menjamin sabilisasi harga pada petani.

Ketua Gabungan Kelompok Tani Raksasari, Desa Raksasari, Kecamatan taraju Kabupaten Tasikmalaya, Ahmad Yani di Tasikmalaya Jawa Barat , selama ini pemerintah selalu beralasan impor dilakukan untuk memenuhi kebutuhan holtikultura.

Namun, Keadaan itu terjadi akibat minimnya campur tangan pemerintah dalam menyediakan akses pasar. Semua Gabungan Kelompok Tani Raksasari inilah petani cabai merah hibrida.

Ia mencontohkan nasib petani cabai merah di sentra cabai Tasikmalaya, Wonosobo dan Magelang. Minimnya akses pasar saat ini sangat mempengaruhi harga jual cabai.

Hal itu sering sekali mempengaruhi psikologis petani karena biasanya modal yang dibutuhkan oleh tanaman holtikultura sangat tinggi. Untuk menanam, satu hektar cabai biasanya dibutuhkan modal 60 juta.

“ Kalau sudah rugi biasanya petani enggan atau berhenti menanam karena biaya tanam sangat besar. Akibatnya persediaan cabai di pasaran menjadi berkurang. Alasan ini biasa digunakan pemerintah untuk melakukan impor. Katanya

Direktur Jendral Holtikultura Hassanuddin Ibrahim mengakui bahwa manajemen stok buah dan sayur belum bagus. Infrastruktur seperti gudang dan pendingin dalam skala besar di sentra produksi buah dan sayur juga belum banyak tersedia.

Kepala Bidang Holtikultura Dinas Pertanian dan Tanaman pangan Tasikmalaya Sony Prayitna mengatakan, pihaknya sudah melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas tanaman holtikultura, khususnya komuditas export

Hal ini bertujuan agar para petani memiliki produk berkualitas dan berstandar pasar internasional.

Sumber: Ekonomi Bisnis Pasar. Kompas 6 Desember 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar