Blogger Backgrounds

Rabu, 14 Desember 2011

Pengaruh dan Peranan TI terhadap Perkembangan Bisnis Online di Indonesia

Dalam dunia bisnis online tentunya bidang TI (Teknologi Informasi) sangatlah berperan dan memberikan pengaruh yang begitu pekat di dalamnya. Di Indonesia, bisnis online sudah sangat menjamur dan bahkan sudah berkembang begitu pesat, misalnya dalam hal penjualan produk-produk barang ataupun jasa yang ditawarkan. Saat ini toko butik pun bisa saja tidak harus memiliki tempat atau wujud nyata dimana kita bisa berkunjung dan memilih barang-barang yang diinginkan di sana. Kini hanya tinggal membuka sebuah halaman website, kemudian kita dapat langsung melihat-lihat dan memilih barang apa saja yang ingin kita beli dan dalam waktu yang singkat barang tersebut sudah dapat kita terima. Begitulah dunia bisnis online yang sudah begitu banyak memberikan kemudahan bagi para konsumen maupun para pengusaha. Namun dalam bahasan saya kali ini yaitu mengenai pengaruh dan peranan Teknologi Informasi terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia.

Saat berkunjung ke mal, kita harus berjalan mengitari toko demi toko. Di Internet, berbagai tokolah yang akan datang dan pergi di depan mata kita. Tidak ada tempat yang terlalu sempit untuk berdagang, terutama jika tempat itu bernama Internet. Kita dapat melihat transaksi jual beli terjadi pada berbagai forum, mailing list, blog, sampai website social networking terpopuler saat ini. Namun untuk dapat membangun sebuah sarana atau tempat untuk menampilkan barang atau jasa yang ditawarkan tersebut, kita membutuhkan tenaga atau pengetahuan tentang TI tersebut dalam merancang sebuah toko online/online shop. Online shop merupakan bentuk yang lebih sederhana, antara pembeli dan penjual dapat langsung berinteraksi. Pembayaran tidak harus menggunakan uang tunai, sistem pembayaran yang terpisah (melalui transfer/e-banking) dan di confirm setelah pembayaran dilakukan, masih merupakan alternatif yang populer di Indonesia.

Teknologi Informasi dapat didefinisikan sebagai suatu teknologi yang berfungsi untuk menghasilkan, menyimpan, mengolah, dan menyebarkan informasi tersebut dengan berbagai bentuk media dan format. Dampak yang dihasilkan dari Teknologi Informasi tersebut bermacam-macam, di antaranya pada bidang jasa pelayanan kesehatan. Institusi kesehatan menggunakan teknologi informasi untuk memberikan pelayanan secara terpadu dari pendaftaran pasien sampai kepada sistem penagihan yang bisa dilihat melalui internet. Contoh lain misalnya di bidang hiburan. Sekarang banyak bermunculan polling atau layanan masyarakat dalam bentuk SMS (Short Message Service), termasuk juga untuk sistem perbankan.

Setelah dirasakan bahwa teknologi Informasi dapat menggantikan cara konvensional yang memberikan benefit, maka orang mulai melihat kelebihan lainnnya, misalnya menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting, mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai menginvestasikan kepada perangkat komputer. manfaat yang didapatkan, teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional dalam proses bisnis. Misalnya perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan dengan menyediakan informasi jasa dan produk yang ditawarkan tanpa dibatasi waktu dan ruang. Dampak Teknologi Informasi sudah mendarah daging bagi produsen dan konsumen

Beberapa dampak Positif dari Transaksi Online diantaranya:

- Membuat para pembisnis tidak kerepotan untuk mengatur waktu shopping, Semua dapat dilakukan secara Online

- Memudahkan kita untuk mendapatkan barang yang kita inginkan

- Dalam Transaksi Perbankan kita tidak perlu antri di ATM karena semua bisa di lakukan dalam Mobile Banking

- Dapat dilakukan kapan pun & dimanapun kita berada

Beberapa dampak Negatif dari Transaksi Online diantaranya:

- Diperlukan ketelitian saat melakukan Transaksi Online

- Kemungkinan terjadi Penipuan lebih tinggi

- Kemungkinan terdapat kesalahan transaksi terjadi pada Online

- Pada Transaksi Online kerugian yang terjadi lebih ditanggung oleh konsumen/ Nasabah

Sumber: http//www.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar