Blogger Backgrounds

Rabu, 14 Desember 2011

SEKTOR KEGIATAN WIRAUSAHA

Kegiatan wirausaha dapat merabah hampir di seluruh bidang kegiatan ekonomi, baik yang diselenggarakan oleh negara maupun swasta. Kegiatan ekonomi pada sektor formal yang memiliki bentuk badan hukum ataupun kegiatan sektor ekonomi informal yang biasanya tidak memiliki badan hukum dapat menjadi lahan untuk dimasuki para wirausahawan. Tiap sektor formal maupun informal memiliki kelebihan dan kekurangan diantaranya:

Sektor Ekonomi Formal

Sektor ekonomi formal biasanya ditangani dalam bentuk organisasi atau lembaga formal pula.Bentuk badan hukum formal tersebut adalah Firma, CV, Perseroan Terbatas, BUMN, Koperasi.

Sektor Formal dapat meliputi berbagai bidang kegiatan ekonomi, seperti perdagangan, pertanian, industri, jasa dan pertambangan. Organisasi ini tentu dikelola dengan orang- orang profesional.

Keunggulan dari sektor ekonomi formal antara lain:

- Sektor ekonomi ini lebih mudah diawasi dan dibina oleh pemerintah

- Sektor ekonomi ini lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari investor

- Sektor ekonomi ini dituntut untuk menciptakan orang yang profesional

Kelemahan dari sektor ekonomi formal adalah keterbatasan dalam menampung jumlah wirausaha karena setiap wirausaha dituntut profesionalismenya

Sektor Ekonomi informal

Di Negara sedang berkembang ini, umumnya banyak didatangi sektor wirausahawan yang berskala kecil dalam jumlah yang banyak.Ekonomi informal ini tidak terorganisasi satuan-satuan usahanya.

Sektorv erkonomi informal banyak hanya mengandalkan faktorv produksi tenaga kerja dengan modal yang sedikit. Sektor ekonomi ini banyak digunakan di kota kecil atau pedesaan, misalnya: Para pengrajin, pengasong minuman, pemulung.

Keunggulan Sektor Ekonomi Informal:

- Para Wirausawan kecil bisa menanamkan modal

- Tidak membutuhkan banyak modal

- Kesempatan kerja luas

Kelemahan sektor Ekonomi Informal:

- Kurang hubungan dengan para Investor

- Kecil kemungkinan untuk menjadi berkembang karena keterbatasan

- Kecil kemungkinan untuk menjadi wirausawan profesional

Sumber: Aplications and theory economic bilingual 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar