Blogger Backgrounds

Rabu, 21 Desember 2011

MANAJEMEN KEPEMIMPINAN YANG BAIK MEMBANGUN SALING PERCAYA

Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat membangun rasa saling percaya dalam organisasi yang dipimpinnya. Pemimpin idola juga selalu transparan dan hadir ditengah problematika yang muncul di tengah organisasi.

“Pemimpin yang terpercaya selalu menghadapi kenyataan. Dia juga terbuka, membuat komitmen yang meneguhkan dan selalu menjaga komitmennya,”menurut pendiri dan Chief executive officer coveyLink World Wide Stephen MR Covey, dalam acara BNI Insfiring Lecture Series di Jakarta.

Stephen yang juga penulis buku terlaris The Speed of Trust, beliau juga adalah pembicara ternama masalah kepemimpinan. Menurutnya pemimpin yang baik, dapat dilihat dari karakter dan kompetensinya. Kejujuran serta komitmennya untuk sukses bersama mereka yang dipimpin selalu dipraktikan dalam kehidupan sehari-hari di organisasi. “Pemimpin yang seperti itulah yang membangun rasa saling percaya ditengah organisasi. Ia menjadi model hidup organisasi.

Kepemimpinan yang membangun keperca Kepemimpinan yangv membangun kepercayaan bisa dan justru harus dipraktikkan dalam organisasi, komunitas, masyarakat yang diliputi ketidakpercayaan. Rasa saling percaya akan tumbuh dan mampu merubah kelompok, komunitas, ataupun masyarakat. “Budaya kepercayaan harus dibangun walaupun memerlukan waktu . Tapi pemimpin yang dilahirkan dengan komitmen dan karakter akan mampu mentransformasikan hal itu untuk membuat rasa saling percaya. Kepercayaan yang bijak dan pandai adalah hal yang dapat mengubah sesuatu . Dalam organisasi Bisnis , kemampuan untuk membangun , menumbuhkan, menjaga dan mengembalikan semua kepercayaan para pemangku kepentingan pelanggan partner bisnis ,investor maupun rekan kerja merupakan kinci kepemimpinan baru secara global. Untuk menjadikan pemenuhan harapan pemangku kepentingan itu sebagai salah satu misi seluruh perusahaan ,terbukti bahwa kepercayaan mampu melampaui harapan. “ Jadi apapun yang dijalankan jika ingin sukses perlu eksekusi yang baik. Rasa saling percaya yang dibangun akan membawa perbaikan dala organisasi.


Sumber: Harian Kompas, November 2011 Tentang Ekonomi dan Tenaga Kerja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar