Blogger Backgrounds

Selasa, 13 Desember 2011

Memahami Persaingan Bisnis Yang Baik

Persaingan memang dapat terjadi di mana saja, sejak kita di bangku sekolah, kita bersaing untuk menjadi juara kelas. Dalam setiap perlombaan/kompetisi kita bersaing untuk menjadi pemenangnya. Begitu juga halnya di dunia bisnis, seluruh perusahaan akan bersaing untuk berhasil menguasai pasar produk yang dijualnya. Untuk memenangkan persaingan kita akan mengerahkan segenap kemampuan dan sumber daya yang kita miliki untuk “berperang” habis-habisan agar bisa memenangkan persaingan(menguasai pasar). Agar menjadi juara dalam dunia pendidikan kita juga akan belajar keras agar bisa menjadi sang juara, demikian pula dalam dunia bisnis. Di dunia bisnis kita harus menerapkan strategi yang jitu agar bisa menjadi pemenangnya.

Kita berpikir bahwa bagaimana rasanya ketika pertama kali kita tahu bahwa produk yang kita jual ternyata produk sejenis dijual juga oleh perusahaan lain? Tentu kita terkejut dan berpikir bahwa takut terjadi pemerosotan omset penjualan dan permintaan terhadap produk dari perusahaan kita.

Tapi itu terjadi hanya emosi sesaat, setelah kita merenung sebentar dan selanjutnya “akal sehat” kita langsung bekerja. Kemudian kita akan berfikir bahwa kita harus menyadari kenyataan tersebut, dan harus realistis bahwa kita harus menghadapi persaingan tersebut dengan lapang dada. Biasanya kita akan mengadakan studi kecil/ mengecek untuk mengetahui kwalitas produk pesaing, biasanya yang dijadikan perbandingan seperti : kelebihan dan kekurangannya, harga, pola pemasarannya, dan karakteristik penting lainnya. Dari sana kita dapat membuat semacam matrik perbandingan antara produk kita dengan produk pesaing. Kemudian hasil matrik tersebut dapat kita jadikan untuk mengambil beberapa keputusan penting tentang bagaimana caranya agar bisa “mengalahkan” produk pesaing tersebut dan dapat merebut mangsa pasar yang ada.

Sebenarnya bagi saya di sini lah letak serunya persaingan bisnis sesungguhnya, di mana layaknya seperti arena pertandingan, maka kita akan menggunakan berbagai jurus-jurus “sakti dan pamungkas” agar bisa segera “menjatuhkan” lawan dengan cara yang sehat. Dalam konteks ini, salah sedikit saja dalam mengambil keputusan bisnis, bisa berakibat merosotnya penjualan produk kita dibanding produk kompetitor, begitu juga sebaliknya. Situasi seperti inilah yang menjadi indikator bisnis kita menang atau kalah dalam persaingan tersebut. Maka sebagai seorang produsen/ pembisnis harus berani bersaing dengan para produsen diluar dari kita

Foto: http://www.sweden.se/upload/Sweden_se/english/articles/SI/2006/Business

Tidak ada komentar:

Posting Komentar